Laman

Jumat, 09 Maret 2012

KEWIRAUSAHAAN 3

TATA NILAI WIRAUSAHA

Apa yang dijelaskan pada sesi terdahulu tentang ciri dan karakter wirausaha, pengertiannya tidak jauh berbeda dengan tata nilai yang dimiliki wirausaha. Mungkin pembaca akan sedikit bingung membedakan antara ciri dan nilai-nilai dalam konsep ini.
Agar lebih jelas perbedaan keduanya maka saya jelaskan sebagai berikut :
Ciri wirausaha itu orangnya jujur, yang nampak di sini adalah orang tersebut tidak neko-neko (yang dikatakan sama dengan yang dilakukan). Orang tersebut memiliki tata nilai yang dijunjung tinggi yakni kejujuran. Kejujuran adalah sifat wirausaha, ciri orang jujur adalah berkata benar. Mungkin sudah cukup dipahami, dan marilah kita bahas  tata nilai yang lainnya yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

1. Ke Tuhan an :
    Nilai yang dijunjung tinggi oleh wirausaha adalah nilai keTuhanan, karena dia seorang agamis, dan dia sangat taqwa, maka telah tertanam dalam dirinya roh ke Tuhanan. Hal yang nampak adalah antusiasisme (ento+theis) dia dalam melakukan usaha. Setiap langkahnya selalu dikonsulkan kepada Tuhan. Dia takut melanggar aturan Tuhan, tetapi dia berani melakukan pekerjaan yang benar sesuai aturan Tuhan meskipun harus mengorbankan jiwa dan raganya.
2. Ke manusia an :
    Nilai kemanusiaan ini sangat luas pengertiannya, namun kita bisa menyempitkan pengertian kemanusiaan tersebut dengan pernyataan bahwa dia selalu ingin menjalin hubungan baik dengan manusia. Ilmu yang dia pelajari dan roh yang selalu mempengaruhi setiap dia melakukan tugas di dunia adalah : selalu mengedepanan win-win solution;memiliki empati yang tinggi; pandai berkomunikasi; pandai bernegosiasi; jiwa sosialnya tinggi; disiplin; pekerjaan adalah ibadah; melayani dengan senang hati (tidak pernah berkeluh kesah) ; bersemangat tinggi; sabar dan ikhlas; menyukuri setiap yang diterima sebagai karunia Tuhan; tingkat sosial kemasyarakatannya tinggi; low profile; sopan santun; selalu membuat kegiatan positif, berguna; profitnya adalah benefitnya artinya menyadari bahwa profit dari usahanya harus memberikan benefit kepada yang lainnya; cinta terhadap keluarga, lingkungan keluarga, masyarakat; selalu menebar senyum; problem solver bagi masyarakatnya dll.
3. Ke lingkung an
    Nilai kelingkungan  artinya dia sangat peduli dengan lingkungannya. Kepeduliannya terhadap lingkungan dimulai dari perhatian terhadap kebersihan, kesehatan untuk dia dan masyarakat, menyukai keindahan, dll.

Kita sambung lagi ke sesi berikutnya.
Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: